Jumat, 18 November 2011


ASSALAMU'ALAIKUM Wr. Wb.
Beberapa waktu yang lalu saya mendengarkan tausiyah dari Ustad Solmed yang berkaitan dengan hubungan laki-laki dan perempuan... Pria dan Wanita... tentu untuk saling menyukai, menyayangi, serta mencintai diperlukanlah suatu proses, nah proses tersebut bisa dikatakan adalah PROSES TA'ARUF...Nah apa aja sih yang perlu kita ketahui tentang Ta'aruf itu?????
Ternyata Ta'aruf itu jg ada RUKUNnya LHOOOOOOOO!!!!!!
MO TAU??????

Oke kita lanjutkan....

RUKUN TA'ARUF itu Filosofinya diambil dari RUKUN ISLAM...

MEngapa,, karena proses Ta'aruf adalah proses saling mengenal satu dan yang lain dalam ISLAM...

Nah berikut RUKUN TA'ARUF yang saya dapatkan dari TAUSIYAH tersebut :
 
1. Bersyahadat : Ungkapkan Perasaan

Perasaan suka, sayang, atau cinta itu perlu diucapkan / dinyatakan baik lisan maupun perbuatan... hal ini diperlukan agar seseorang yang kita cintai itu tau dengan perasaan yang kita miliki, serta sebagai suatu bentuk meyakinkan seseorang akan perasaan kita. Bagaimana seseorang yang kita cintai perasaan kita bila tidak di sampaikan... (Pengalaman Pribadi ne) hahaha.... yah intinya CINTA itu perlu d sampaikan.



2. Sholat = DOA
Setiap orang tentu ingin apa yang diharapkannya menjadi kenyataan. namun tidak semua keinginankita itu sesuai dengan harapan kita. maka dari itu kita perlu berdoa kepada ALLAH SWT agar diberi kemudahan dalam menjalani hubungan tersebut. Apalagi Allah telah memerintahkan kita sebagai makhluknya untuk meminta (berdoa) kepada-NYA...



3. PUASA = Menahan Diri

Sama halnya dengan berpuasa yaitu tujuannya adalah menahan diri, begitu juga dalam masa Ta'aruf kita perlu menahan diri dari segala hal yang dilarang oleh Allah hingga nanti waktunya tiba. jadi disinilah kita di uji apakah mampu untuk melaluinya atau tidak. kita harus bisa menjaga harta yang berharga pada diri masing2. apa itu??? yaitu menjaga diri dari segala hal yang bisa membuat kita akan menyesal dikemudian hari nantinya. Itu lah harta yg paling berharga KESUCIAN DIRI (KEPERJAKAAN serta KEPERAWANAN). Kalo Istilah kerennya ne... SAMPAI KAMU HALAL UNTUKKU gt lah..




4. ZAKAT = MEMBERI
Dalam menjalani suatu hubungan tentu juga memerlukan apa itu yang dinamakan saling memberi. karena saling memberi merupakan suatu feed back yang saling diharapkan oleh setiap pasangan. kita jangan terkotakkan bahwa saling memberi di sini hanya terbatas pada materi, namun non materi itu yang paling dibutuhkan. Apa itu yaitu Perhatian, Pengertian, Masukan, Kritik, dan lain sebagainya. dan dalam suatu hubunga juga diperlukan hal-hal yang tidak biasa (unik) yaitu kejutan-kejutan sehingga kelanggengan suatu hubungan tetap terjaga. tidak hanya monoton, gt gt aja.







5. HAJI : MENIKAH

Nah inilah tahapan terakhir dari Ta'aruf tersebut. ketika kita sudah merasa tertarik, nyaman, serta memiliki apa yang dinamakan hubungan batin antara sepasang kekasih, maka inilah tahapan terakhir dari Ta'aruf tersebut. yaitu berpindahnya status dari seseorang yang dulunya lajang menjadi tidak lajang, sudah bergelar seorang SUAMI ataupun ISTRI, Yah tahapan ini adalah Menikah. yaitu agar hubungan yang telah dijalin ini menjadi Halal maka kita perlu melaksanakan Sunnah Nabi ini.



Nah Sahabat sekalian itulah tadi sedikit sharing mengenai RUKUN TA'ARUF.. semoga tulisan ini bisa bermanfaat juga bagi sahabat sekalian. Segala sesuatu yang baik tentu datangnya dari ALLAH,, bila ada kekhilafan dalam pemahaman serta penulisan itu datangnya dari Saya.. Mohon Maaf yang Sebesar-besarnya atas semua itu.BE YOUR SELF... Motto yg insyaALLAH akan selalu saya Gunakan.



HadanaALLAH wa Iyyakum...

Tsumma Salamu'alaikum Wr. Wb.




Herdika Oki Prasetya/……

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar