Jumat, 18 November 2011





a.     ADA APA DI DENGAN KOMODO ?
Pulau Komodo adalah pulau yang terletak di kawasan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Pulau ini terkenal dengan keindahan lautnya yang masih sangat alami. Adanya terumbu karang, 253 spesies karang pembentuk terumbu dan sekitar 1000 spesies ikan menjadi daya tarik banyak penyelam dan wisatawan untuk berenang di perairan ini. Selain itu, juga terdapat komodo yang merupakan hewan langka dunia yang menghuni kawasan tersebut.
Dahulu banyak penduduk di sekitar pulau yang mengatakan bahwa pulau ini dihuni oleh naga raksasa dan mirip dengan monster yang sangat besar. Ada juga yang mengatakan bahwa komodo adalah hewan yang berasal dari kawasan Australia dan berada di Indonesia karena adanya pergeseran lempeng. Namun, sampai kini para ahli juga belum bisa membuktikan kebenaran dari kabar tersebut.
Penyelidikan tentang komodo pertama kali dilakukan pada masa penjajahan Belanda oleh Letnan Steyn van Hensbroek, seorang pejabat Administrasi Belanda di kawasan Flores. Ia mempersenjatai diri dengan membawa satu regu tentara terlatih untuk mendarat di pulau Komodo. Dari penyelidikan ini mereka berhasil membunuh satu spesies hewan tersebut dan membawanya pulang. Kemudian dilakukan pengukuran yang menyatakan panjang spesies ini berkisar 2,1 meter dan bentuknya menyerupai kadal. Lalu spesies ini difoto oleh Peter A Ouwens, Direktur Zoological Museum and Botanical Gardens Bogor. Inilah untuk pertama kalinya komodo didokumentasikan.
Sejak saat itu penyelidikan tentang komodo semakin berkembang. Diketahui bahwa Komodo adalah spesies reptile terbesar di dunia dengan lidah panjang, kuning, dan bercabang. Komodo dapat mendeteksi keberadaan bangkai dari jarak 4 hingga 9,5 km. Selain itu, komodo juga bisa berlari hingga 20 km per jam, berenang dengan baik dan dapat menyelam sedalam 4,5 meter serta pintar memanjat pohon. Keunikan dari komodo adalah mereka mampu menghasilkan anak tanpa kehadiran laki-laki dan mampu menghasilkan telur tanpa proses pembuahan.
Hingga akhirnya pada tahun 1980, didirikan Taman Nasional Komodo yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia, Manusia dan Biosphere Reserve oleh UNESCO pada tahun 1986. Taman Nasional Komodo ini terletak di wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.




b.    PANDANGAN MAHASISWA TERHADAP VOTE KOMODO
Taman Nasional Komodo dipilih menjadi salah satu dari 28 finalis New 7 Wonders of Nature. Tentu saja ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Walaupun timbul berbagai kontroversi dan kesimpang-siuran kabar yang menyeruak di dalam kalangan masyarakat akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia tetap antusias untuk mem”vote” pulau Komodo.
Lalu berikut beberapa pendapat mahasiswa UII ketika ditanya mengapa mereka memilih untuk tetap menge”vote” Komodo ? :

·         Dita, Psikologi 2010
“Karena ini adalah salah satu kontribusi yang bisa saya lakukan untuk bangsa Indonesia. Toh, gratis ! nggak bayar !”
·         Inten, Ekonomi 2011
“biar Komodo masuk 7wonders mewakili Indonesia, membawa nama Indonesia, biar Komodo dapat perhatian lebih dari dunia.”

Terbukti, ternyata banyak kepedulian yang timbul dari mahasiswa UII akan keajaiban alam Indonesia ini. Hanya dengan sedikit bantuan SMS saja dapat mengantarkan komodo menuju keajaiban tingkat dunia. Ayo, kita dukung Taman Nasional Pulau Komodo sebagai aset negara yang mendunia. Karena komodoku, komodomu juga :)

           
MODO MODI DI SEA GAMES
            Di tengah polemik isu voting komodo yang disponsori atau dibawah naungan News 7 Wonders, Indonesia memiliki cara sendiri untuk mengangkat nama pulau Komodo di mancanegara. Salah satunya, menggunakan komodo sebagai maskot SEA GAMES 2011 yang diselenggarakan di Indonesia. Modo dan Modi, itulah nama yang diberikan kepada maskot SEA GAMES 2011 tersebut. Sebagai maskot, Modo dan Modi digambarkan sebagai bekerja keras, adil, lembut, ramah, dan sangat baik. Semua karakter yang positif mewakili hati dan jiwa di Indonesia dan diharapkan menjadi landasan untuk membangun hubungan harmonis dan membangun kerja sama dengan negara-negara sahabat.
            Perhelatan acara SEA GAMES 2011 di Indonesia tidak disia-siakan oleh pemerintah sebagai media promosi untuk memperkenalkan komodo kepada khalayak umum dengan memasang Modo dan Modi sebagai maskotnya. Secara tidak langsung, negara-negara tetangga akan mengetahui keberadaan komodo dan menjadi ciri khas dari negara Indonesia sehingga tidak dapat dipungkiri perhelatan SEA GAMES 2011 memiliki kaitan yang erat dengan komodo.




 ADA APA DENGAN YAYASAN NEW  7 WONDER?
            Kontroversi tentang keberadaan yayasan New7Wonders (N7W) masih terus bergulir. Duta Besar Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein, Djoko Susilo kembali menyatakan bahwa organisasi  New7Wonders of the World bukanlah organisasi yang kredibel. Duta besar tersebut mengatakan dalam wawancaranya  dengan salah satu stasiun televisi swasta  “Kami kudu menjelaskan ini sebagai  bagian tugas yang diemban dari negara,  Kami menginformasikan kepada publik kronologi kebangkrutan New7Wonders of the World AG”. Beliau juga mengatakan bahwa dahulunya yayasan ini berbentuk perusahaan dan bukan berbentuk yayasan non-profit yang segala kegiatannya dimaksudkan untuk mencari keuntungan semata. Berikut ini adalah kronologi kebangkrutan yayasan New 7 Wonder menurut beliau.
1. New 7 Wonders of the World didaftarkan sebagai Perusahaan Terbatas (PT) atau Allgemeine Gessellschaft dengan modal Chf 103.000 (sekitar Rp 1 miliar) di kantor Schwyz pada tanggal 26 Juni 2000 oleh Bernard Weber dkk.

2. Tujuan perusahaan, sebagaimana tercatat di kantor register kanton ialah mempromosikan keajaiban dunia melalui duna maya/internet.

3. Alamat perusahaan di Bahnhofstrasse 19, CH 8832 Wollerau (kanton Schwyz).

4. Tanggal 7 Oktober 2003 pengadilan seempat menyatakan PT New 7 Wonders of the World bangkrut dan pemerintah kanton Schwyz secara resmi membatalkan pendaftaran organisasi itu sebagai PT (AG) pada tanggal 5 Januari 2006

5. Ketika dalam proses kebangkrutan ini, Bernard Weber dkk membuat Yayasan (stiftung) dengan tujuan sama dan nama yang sama yakni New 7 Wonders of the World

6. Yayasan New 7 wonders of the world ini didaftarkan di kantor register kanton Zurich pada tanggal 7 april 2004. Alamat yayasan ini : c/o Heidi Weber, privat museum Heidi weber haus von le Corbusier Hochgasse 8 , CH 8008 Zurich

7. Yayasan inilah yang kemudian melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan New 7 Wonders of the World.

Berkaitan dengan fakta-fakta diatas, KBRI Bern tetap pada keyakinan awal bahwa organisasi ini tidak kredibel dan tidak layak dipercaya memberikan gelar ajang kompetisi internasional.

Jika ada yang masih ragu, link berikut bisa ditelusuri untuk membaca sendiri informasi kebangkrutan New 7 Wonders of the World, link ke Swiss Commercial Register

http://zefix.admin.ch/zfx-cgi/hrform.cgi/hraPage?language=4&amt=007http://zefix.admin.ch/zfx-cgi/hrform.cgi/hraPage?language=4&amt=007
           


Categories:

1 komentar:

  1. modo modi di sea games kemaren gak mirip komodo, lebih mirip cicak :D

    BalasHapus